Petunjuk Pelaksanaan dan Silabus OSN SMP 2017


Olimpiade Sains Nasional SMP tahun 2017 melombakan tiga bidang, Matematika, IPA, dan IPS. Tujuan utama diadakan OSN SMP ini adalah mencari siswa-siswi terbaik Indonesia untuk mengikuti lomba di tingkat internasional.

OSN SMP terbagi dalam empat tahapan lomba,



  1. Seleksi di tingkat sekolah dilaksanakan pada Februari 2017. Untuk memilih SATU orang siswa per bidang untuk mewakili sekolah di tingkat kabupaten/kota.OSN tingkat Kabupaten/Kota dilaksanakan pada 11 Maret 2017. Soal disiapkan oleh panitia pusat, sedangkan pemeriksaan dilakukan oleh panitia tingkat kabupaten. Akan dipilih TIGA siswa terbaik kabupaten per bidang untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi.
  2. OSN tingkat Provinsi pada Mei 2017. Soal disiapkan oleh panitia pusat dan pemeriksaan juga dilaksanakan oleh panitia pusat.
  3. OSN tingkat Nasional pada 2-8 Juli 2017. Peserta tingkat nasional berjumlah 132 orang untuk masing-masing bidang lomba yang terdiri dari 64 peserta terbaik peringkat nasional (passing grade) dan 68 peserta terbaik perwakilan dari 34 provinsi. Jadi, masing-masing provinsi diwakili oleh 2 orang terbaik per bidang lomba, selain 64 peserta yang tercantum pada peringkat nasional.


Persyaratan Peserta:

  1. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SMP tahun sebelumnya.
  2. Siswa kelas VII atau VIII pada SMP, MTs, atau sederajat.
  3. Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut.
  4. Memiliki nilai rapor minimal 75 pada bidang yang diikuti.
  5. Tiap bidang hanya diwakili satu orang siswa per sekolah.
Untuk lebih lengkapnya, silahkan download